Punya Masalah Dengan Produktivitas ?


Pernah merasa sulit untuk fokus dalam mengerjakan sesuatu? atau sulit untuk fokus di era gadget seperti sekarang ini ?
Mungkin anda perlu menerapkan metode Deep Work dalam aktivitas kerja Anda, apalagi khusus untuk Anda yang menekuni dunia priduct creator seperti saya.
Deep work sendiri dipopulerkan oleh Call Newport , Deep work artinya menekuni aktivitas yg membutuhkan fokus, deep thinking, dan benar2 krusial bagi masa depan kita. Lawan dari deep work adalah shallow work,yaitu: aktivitas yang dangkal, tidak fokus, penuh distraksi dan tidak memunculkan big impact bagi nasib kita.

gadget yang penuh distraksi seperti status social media, notifikasi group wa, scroll2 dan klik2 telah membuat kita sulit fokus. Gadget yang penuh distraksi sering membuat otak kita makin sulit membangun konsentrasi untuk melakukan deep thinking. Status2 dangkal yang terus mengalir di social media ditambah plus puluhan notifikasi Whatsapp (WA).
Belum lagi jika kita terjebak dalam kecanduan game yang banyak menguras waktu atau mereka yang senang menonton youtube sampai berjam-jam.
Shallow activities maknanya: kelihatan sibuk menghabiskan waktu, tapi sebenarnya tidak memberikan hasil nyata bagi perbaikan nasib kita.
Distraksi tanpa henti dari gadget ini sering membuat kita terlalu banyak membuang waktu untuk shallow activities. Klik, klik, scroll, scroll, tap, tap. Terus berulang seperti itu. Pelan2 sel otak kita dilatih untuk terus "melompat-lompat penuh distraksi". Dalam jangka panjang, kebiasaan klik2, scroll2, tap2 seperti itu membuat sel otak kita makin susah fokus dan sulit konsentrasi untuk deep thinking. Padahal nasib dan income kita akan stagnan jika kita gagal melakukan deep thinking dan deep work. Nasib kita akan stagnan jika terus terjebak dan buang2 waktu dalam shallow activities (aktivitas dangkal yang tidak menghasilkan impact).
Deep work diawali dengan identifikasi area2 kunci yang benar2 akan berdampak nyata bagi peningkatan nasib dan income kita. Contoh, jika kita seorang internet marketer maka salah satu area paling kunci adalah bagaimana menghasilkan konten yang WOW secara konsisten. Maka deep work yang harus dilakoni adalah berjibaku habis2an untuk belajar dan lalu praktek untuk menghasilkan konten yang remarkable.
Saya sendiri sudah melakoni deep work 6 bulan yang lalu sejak pertama kali melaunching www.mentoringkeren.com/powerdesign dan beberapa teknik deepwork yang saya terapkan adalah sebagai berikut :
1. Menjauh dari handphone saat bekerja
2. Tidak membuka sosmed dan youtube saat bekerja.
2. Menentukan jam kerja harian misalnya di pagi hari saya menentukan jam kerja saya mulai dari pukul 08.00 - 10.00 pagi dan pukul 20.00 - 22.00 malam.
3. Meluangkang waktu membaca buku setiap 1 jam setiap hari
4. Menyelesaikan semua target kerja yang menjadi prioritas
5. Selebihnya gunakan sepenuhnya untuk keluarga, bersantai dan menyalurkan keinginan.
selain itu menghindari gangguan semaksimal mungkin, oleh karena itu saya pun kadang mengurung diri dalam ruang kerja saat menyelesaikan sebuah pekerjaan apalagi aktivitas saya lebih banyak di rumah.
Tantangan terbesar jika sudah berkeluarga otomatis banyak gangguan yang akan didapatkan olehnya itu berikanlah pengertian kepada keluarga Anda bahwa Anda sedang tidak ingin diganggu atau sesekali bekerjalah di luar rumah seperti di cafe, atau workingspace.
Dalam era serba distraktif ini kadang kita makin malas melakukan deep thinking. Wajar jika nasib dan income kita stagnan. Bagaimana bisa nasib dan income kita berubah jika kita makin malas melakukan deep thinking dan deep work? Sangat butuh fokus dan ketekunan. Hal yang agak kelam adalah tren ledakan socmed dan smartphone justru membikin sel otak kita makin sulit melakukan deep thinking.
Setelah kita bisa mengidentifikasi area2 kunci yang paling berdampak terhadap peningkatan nasib/income, maka fokuskan energi/pikiran ke area tsb.
Lakukan deep thinking dan deep work dalam area tsb. Tumpahkan energi dan daya kognisi anda untk melakukan deep work dalam area kunci tsb. Sering terjadi, sejumlah orang buang2 waktu untuk aktivitas yang sama sekali tidak berdampak pada peningkatan income.
Jangan sampai kita terjebak dalam Zero impact atau Menghabiskan waktu berjam2 untuk aktivitas yg kelihatannya seru tapi tidak menghasilkan. Dan aktivitas yang menghasilkan malah jarang disentuh. Kita kehilangan waktu saat terjebak dalam shallow acitivities : aktivitas dangkal dan tidak menghasilkan. Di usia tua malah banyak hutang. Tanpa deep thinking dan deep work, kita akan gagal menghasilkan jejak karya yang bermakna. Wajar jika hidup jadi serba kekurangan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Punya Masalah Dengan Produktivitas ?"

Posting Komentar